~Live Green, Love Green, Think Green~

Piezoelektrik Tree, Pohon Buatan Penghasil Energi Listrik


Hi, sobat. Di artikel pertama ini, aku akan share tentang Penghasil Energi Listrik atau bahasa lainnya yaitu Pembangkit Listrik. Pembangkit Listrik yang satu ini merupakan Pembangkit Listrik yang berasal dari Pohon Buatan.
Piezoelektrik adalah konsep sederhana untuk menghasilkan listrik yang berasal dari tekanan. Perusahaan 'Solar Botanic' telah menggunakan persis makna dari istilah itu, dalam rangka menciptakan sumber daya energi yang berkelanjutan dengan memanfaatkan Cahaya, Panas dan Angin.

KoLas (Komik Sekilas)

Nah, sebelum membaca artikel ini lebih lanjut baca komik dulu yuk..

Klik untuk Memperbesar Gambar
Nah setelah membaca komik tersebut, kalian mungkin bertanya, Memangnya terbuat dari apa sih?, Cara kerjanya bagaimana? dan lain sebagainya, maka dari itu gali lebih lanjut yuk artikel ini...



Cara Kerja



Dalam Perancangannya, 'Solar Botanic' selaku perusahaan yang memiliki ide tersebut, menggunakan NanoLeaves sebagai Teknologi unggulan pada Piezoelektrik Tree.

Ketika kekuatan dari luar, seperti angin yg menghembuskan dedaunan (Dengan volume sedikit ataupun banyak). Pada saat itu juga, tekanan mekanis muncul di daun, ranting, tangkai dan cabang. Proses ini kemudian dapat menghasilkan jutaan watt Pico yg secara efisien akan diubah menjadi listrik. Dengan begitu, semakin kuat angin maka energi yg dihasilkan akan semakin banyak.


Nanoleaves juga dapat mengkonversi cahaya tak terlihat, yang dikenal sebagai cahaya inframerah atau radiasi. Dengan kata lain, Cara kerja Nanoleaves adalah memanfaatkan radiasi matahari dan Angin sebagai sumber energi.



Keunggulan



Jika dibandingan dengan teknologi solar panels, teknologi NanoLeaves lebih unggul disisi penggunaan kekuatan Angin dan energi yg dihasilkannya.



Manfaat



Jadi, selain banyaknya manfaat (Seperti yang dijelaskan oleh gambar diatas), dengan adanya Teknologi NanoLeaves, Kita diharapkan mampu Meningkatkan kesadaran pemeliharaan terhadap Lingkungan, membantu mengurangi pemanasan global dan membawa energi lebih dekat ke rumah.


Berikut ini adalah video mengengenai Piezoelectrik Tree:



Dengan adanya Pembangkit Listrik seperti ini, semoga dapat muncul pembangkit - pembangkit listrik lain yang dapat membawa bumi menjadi lebih baik.
Gambar Author

Dhestar Wirawan. Seorang pelajar asal Denpasar yang menetap di perkotaan yang padat. Mulai mencintai blogging saat duduk dibangku SMP kelas 2. Kegiatan sehari-harinya menelusuri pedalaman dunia maya yang amat luas, dan belajar hal - hal mengenai desain blog agar dapat membuat template sendiri.

Budayakanlah Berkomentar!
Diharapkan untuk berkomentar tidak menyimpang jauh dari artikel menggunakan kata - kata yang santun, sopan, tidak saling mencaci dan tidak menyisipkan link aktif. Tidak boleh berkomentar yang mengandung unsur SARA, porno, Spam, dll yang bersifat negatif. Harap Maklum.
Dipersilakan untuk menggunakan emoticon, dengan cara klik show emoticon dibawah ini
Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment