~Live Green, Love Green, Think Green~

O2 Pursuit, Motor berbahan bakar Udara

Hi, sobat!. Kegelisahan pada kenyataan makin menipisnya cadangan minyak bumi sudah menjalar kemana-mana. Solusi pun ramai-ramai dicari mulai dari biofuel bahkan sampai teknologi hybrid. Hingga beberapa waktu yang lalu muncul kabar yang menggembirakan dari Australia. Seorang mahasiswa dari Royal Melbourne Institute of Technology (RMIT) Jurusan Desain Industri, bernama Dean Benstead berhasil menciptakan motor bertenaga udara tanpa bahan bakar lainnya (BBM ataupun hybrid).



Motor ini diberi nama O2 Pursuit yang sumber tenaganya digerakkan oleh udara yang terkompresi, yang dikembangkan oleh Engine Air di Melbourne, Australia. Sederhananya motor ini bergerak dengan tekanan udara dari tabung yang terpasang di motor itu. 

KoLas (Komik Sekilas)

Yo, mari membaca komik sekilas, semoga kalian tidak bosan - bosan dengan KoLas :)

Klik untuk Memperbesar Gambar
Waw motor yang zero emisi, mau tau kelebihan lain dari motor ini.. Yuk baca lebih lanjut..



Motor bertenaga udara ini didasarkan pada motorcross 250 cc yang menggunakan gear dari Yamaha WR240F dan mesin udara Engine Air DiPietro sebagai sumber tenaganya. Dalam bentuk yang sekarang ada, motor ini telah diuji dan berhasil mencapai kecepatan 100 km/jam.

Kelebihan O2 Pursuit:


Karena motor ini berbahan bakar udara maka tentunya mempunyai banyak kelebihan diantaranya:
- Zero Emisi, tidak ada emisi karbon dalam penggunaannya
- Rendah biaya produksi
- Kebisingan berkurang
- Bobot yang ringan sehingga dapat ber-manuver dengan mudah
- Desain ringan, ramping dan stabilitas yang lebih besar daripada motor pada umumnya



Selain itu, Benstead juga mengujikan sepeda motor ini akan diproduksi dengan bahan daur ulang, bukan bahan OEM. Tak kalah hebatnya, dia juga merancang suatu sistem stasiun isi ulang untuk O2 Pursuit, jadi setiap stasiun akan dilengkapi dengan kompresor bertenaga energi terbarukan, membuat seluruh konsep sepenuhnya berkelanjutan. Benstead percaya dengan penelitian lebih lanjut kemampuan motor ini tentu akan bisa lebih ditingkatkan lagi.
Prototipe berikutnya akan memiliki gaya yang berbeda, pemilihan material yang juga beda dengan sasis pipa baja yang saat ini digunakan, bisa jadi akan menggunakan bahan seperti aluminium atau titanium yang bisa mereduksi berat sampai sebanding dengan berat sebuah sepeda gunung," pungkasnya.
Suatu terobosan yang cerdas, semoga bisa dikembangkan lebih jauh sehingga menghasilkan style - style baru dengan performa yang lebih baik.
Gambar Author

Dhestar Wirawan. Seorang pelajar asal Denpasar yang menetap di perkotaan yang padat. Mulai mencintai blogging saat duduk dibangku SMP kelas 2. Kegiatan sehari-harinya menelusuri pedalaman dunia maya yang amat luas, dan belajar hal - hal mengenai desain blog agar dapat membuat template sendiri.

Budayakanlah Berkomentar!
Diharapkan untuk berkomentar tidak menyimpang jauh dari artikel menggunakan kata - kata yang santun, sopan, tidak saling mencaci dan tidak menyisipkan link aktif. Tidak boleh berkomentar yang mengandung unsur SARA, porno, Spam, dll yang bersifat negatif. Harap Maklum.
Dipersilakan untuk menggunakan emoticon, dengan cara klik show emoticon dibawah ini
Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment