~Live Green, Love Green, Think Green~

KiteGen: Layang Layang Pembangkit Listrik

Hi, sobat!. Kali ini saya akan share info unik dan menarik tentang Layang - Layang Pembangkit Listrik. Mungkin sobat dulu sering bermain layang - layang, tapi nyangka gak kalo layang - layang bisa jadi pembangkit listrik?.
Sebuah organisasi di Italia pada tahun 2006 bernama KiteGen Research mengembangkan teknologi baru dengan memanfaatkan angin sebagai media pembangit listrik seperti turbin angin, namun teknologi ini menggunakan layang-layang sebagai pengumpul energi.
Penggunaan turbin angin semakin berkembang tetapi tidak dapat dipungkiri masalah "ketersediaan" dan kekuatan angin masih menjadi kendala untuk mendapatkan hasil listrik yang besar.
Alasan menggunakan layang - layang sebagai pengganti turbin angin adalah karena posisinya bisa diletakkan jauh lebih tinggi dari turbin angin sehingga akan menghasilkan sumber listrik yang jauh lebih besar.


KoLas (Komik Sekilas)

Ya seperti biasa disela - sela artikel mari kita baca komik sekilas...

Klik untuk Memperbesar Gambar
Wah layang - layang bisa nyampe 140m2, penasarankan gimana cara kerja dari layang - layang ini, pantengin lebih lanjut artikel ini



Layang - layang ini tidak seperti layang -layang pada umumnya, dikarenakan ukurannya bisa mencapai 140 m2, dan dapat mencapai ketinggian 792 m dari permukaan tanah.Untuk menerbangkan layang-layang digunakan tali yang khusus untuk teknologi ini, tali tersebut dapat otomatis memutar generator yang ada dibawah.

Setiap putaran tali bisa menghasilkan daya sekitar 40 KiloWatt, dan diperkirakan dapat menghasilkan listrik hingga 3 MegaWatt untuk memberikan pasokan listrik bagi 9000 rumah penduduk.

Visi dari KiteGen itu sendiri ialah menjadi pembangkit tenaga listrik yang baru cocok untuk wilayah dengan biaya rendah dan dapat mengurangi pemakaian bahan bakar minyak dan dapat menghasilkan energi alternatif berbiaya murah.

Cara Kerja


Detail KiteGen

Power Wing Profil (Mesin Penggerak)
Cara untuk mendapatkan angin dalam system ini dengan menggunakan Power Wing Profil (Power layangan) gerakan-gerakan yang dikendalikan secara otomatis oleh komputer. Melalui kabel yang layang-layang yang berlabuh ke struktur yang berputar, pembangkit listrik. Struktur ini adalah dari turbin angin peternakan ketinggian tinggi sedangkan layang-layang adalah "pisau" dari turbin.

Layangan yang terbang ada pada lintasan yang telah ditetapkan, yang dapat mengubah kekuatan yang diberikan pada kabel, untuk keseluruhan torsi mekanik yang memutar turbin sumbu vertikal. Sekitar dua puluh dikendalikan secara otomatis sehingga dapat menjaga layang-layang berputar turbin berdiameter 1.600 meter pada kecepatan 15 putaran per jam. Hal ini dapat menghasilkan 1 Gigawatt power, setara dengan ukuran medium stasiun tenaga nuklir, tetapi dengan perkiraan biaya modal 10 kali lebih rendah. Dengan kata lain 1 kubik Km dari langit mampu menyediakan 1 GigaWatt power untuk 80% dari waktu dalam satu tahun.

Selain itu,panjang kabel memungkinkan mereka untuk mencapai ketinggian lebih dari 500 meter, di mana ketinggian angin mengalir, tanpa memperkenalkan kelemahan struktural.



Itulah tadi si Layang-layang pembangkit listrik, dengan semakin banyaknya energi alternatif yang ada di dunia, mari berharap untuk dunia yang semakin lebih hijau dari sebelumnya.
Gambar Author

Dhestar Wirawan. Seorang pelajar asal Denpasar yang menetap di perkotaan yang padat. Mulai mencintai blogging saat duduk dibangku SMP kelas 2. Kegiatan sehari-harinya menelusuri pedalaman dunia maya yang amat luas, dan belajar hal - hal mengenai desain blog agar dapat membuat template sendiri.

Budayakanlah Berkomentar!
Diharapkan untuk berkomentar tidak menyimpang jauh dari artikel menggunakan kata - kata yang santun, sopan, tidak saling mencaci dan tidak menyisipkan link aktif. Tidak boleh berkomentar yang mengandung unsur SARA, porno, Spam, dll yang bersifat negatif. Harap Maklum.
Dipersilakan untuk menggunakan emoticon, dengan cara klik show emoticon dibawah ini
Show EmoticonHide Emoticon

Thanks for your comment